RSS

Perbedaan Internet dengan Intranet

20 Sep

LATAR BELAKANG

Dewasa ini tentu kita sudah pernah mendengar internet dan pastinya banyak orang sudah mengetahui dan menggunakan internet untuk kebutuhanya masing-masing. Namun, mungkin bagi sebagian orang belum pernah mengetahui apa itu kegunaan dan pengertian internet itu sendiri. Selain itu, ada juga jaringan intranet yang pastinya bagi sebagian orang belum mengerti apa itu intranet dan kegunaanya.

Internet dan intranet secara pengertian memang berbeda namun memiliki fungsi yang sama yaitu berfungsi untuk menghubungkan komputer dengan lainnya. Untuk lebih jelasnya mengenai pengertian internet dan intranet sebagai berikut ini.

PEMBAHASAN

Pengertian Internet

Image result for internet dan intranet
Internet (Interconnection Networking) adalah suatu jaringan komputer yang saling terhubung antar komputer yang satu dengan komputer yang lainnya menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran. Sehingga saling dapat berinteraksi, berkomunikasi, dan saling bertukar informasi.

Internet pertama kali muncul pada tahun 1969 yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat melalui proyek ARPA atau disebut ARPANET (Advance Research Project Agency Network). Proyek ini awalnya dibangun untuk keperluan militer. Namun ternyata proyek ini menjadi berkembang pesat sehingga yang mulanya hanya 4 situs universitas kini banyak universitas dari berbagai negara ingin bergabung.

Itulah sebabnya ARPANET dipecah menjadi 2, yakni MILNET untuk keperluan militer dan ARPANET untuk keperluan non-militer.

Pengertian Intranet

Image result for intranet
Intranet adalah satu jaringan (Private Network) yang menggunakan protokol internet TCP/IP untuk berbagi informasi penting dalam lingkup lokal. Misalnya digunakan pada perkantoran/perusahaan, sekolah, universitas, dll. Intranet juga merupakan suatu jaringan LAN (Local Area Network) yang hanya mencakup wilayah lokal/kecil.

Perbedaan Internet & Intranet
Internet :

jaringannya luas dan mengglobal
bisa digunakan siapa saja
butuh biaya sewa ISP
jaringannya tidak tentu kadang cepat kadang lambat

Intranet :

intranet
jaringannya lokal
tidak bisa di gunakan siapa saja
tidak butuh biaya sewa ISP hanya memerlukan sebuah server atau sebuah komputer untuk menjadi server dan sebuah hub/switch,bila ingin di akses dari jarak tertentu dapat menggunakan router yang telah terhubung dengan hub
jaringan stabil tergantung kecepatan server yang saling berhubungan

1. Perbedaan Jangkauan Perbedaan internet dan intranet yang paling spesifik terletak pada wilayah yang dapat dijangkau keduanya. Internet menjangkau wilayah yang sangat-sangat luas. Semua orang di seluruh dunia dapat menikmati setiap data yang terdapat di internet tanpa batasan ruang dan waktu. Hal ini tentu berbeda dengan jangkauan teknologi intranet. Intranet hanya menjangkau suatu kawasan lokal yang sempit. Di mana orang-orang yang ingin menjangkaunya juga harus memiliki akses khusus.

2. Perbedaan Perkembangan Perkembangan dan inovasi antara internet dan internet juga berbeda. Teknologi internet berkembang dengan sangat pesat. Jangkauan dan akses yang mudah bagi penggunanya memungkinkan setiap orang dapat menuangkan kreasinya masing-masing ke dalam jaringan ini. Sementara perkembangan intranet sangat lambat dan terbatas. Lingkup jangkauannya yang sempit membuat penambahan dan pembaruan dari setiap konten atau fitur yang ada di dalamnya sangat terbatas dan tidak mungkin bisa menyaingi perkembangan internet.

3. Perbedaan Aksesibilitas Aksesibilitas atau kemampuan untuk mengakses setiap konten di internet dimiliki oleh semua orang di dunia. Hal ini berbeda dengan aksesibilitas intranet, di mana hanya orang-orang tertentu yang telah diberikan hak dan kewenangan sajalah yang bisa mengakses data-data yang terdapat dalam intranet

4. Perbedaan Tingkat Keamanan Perbedaan internet dan intranet juga terdapat pada sisi tingkat keamanannya. Intranet umumnya jauh lebih aman dibandingkan internet. Keamanan intranet yang lebih baik disebabkan karena pembatasan akses yang ada dalam jaringan ini. Pembatasan akses di jaringan intranet membuat peretas akan mengalami kesulitan ketika hendak melakukan perbuatan negatif di dalamnya.

Sumber: http://danperbedaan.blogspot.co.id/2016/05/perbedaan-internet-dan-intranet.html

 
Leave a comment

Posted by on September 20, 2016 in life

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: